ANGGOTA DPR SEHARUSNYA MENJADI JOB SEEKER

Oleh Pilipus Kopeuw – Jogja Kamis 12 Mei 2011 – Jam 09:49 wib

Job seeker adalah melamar untuk bekerja, bukan lagi untuk belajar bekerja. Menjadi anggota DPR berarti harus menjadi “Job Seeker”. Job seeker menunjukkan kepada individu yang telah memiliki ilmu dan skill tertentu untuk melaksanakan pekerjaan. Hal ini dapat dilihat pada keandaan mahasiswa waktu kuliah menjelang tingkat akhir mereka mengikuti KP/magang ditempat-tempat tertentu sesuai dengan konsentrasi jurusannya. Tujuan dari KP/magang adalah supaya ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dapat di praktekan di lapangan, sehingga mahasiswa KP/magang mendapatkan pengalaman. Dengan demikian, jika nanti mahasiswa ini melamar pekerjaan, ia sudah disebut sebagai “Job Seeker” yaitu orang yang siap bekerja, bukan lagi untuk belajar bekerja.

Berbicara mengenai anggota DPR kita (pejabat legislatif) haruslah orang-orang yang sudah pantas disebut “Job Seeker”. Tetapi kenyataannya apa? Pejabat DPRD dari tingkat II di kabupaten dan kota madya, DPRD tingkat I di Provinsi, dan anggota DPRRI ternyata tidak pantas disebut sebagai Job Seeker. Kiat bisa melihat kenyataan mereka selalu mengadakan studi banding. Studi banding itu sama dengan KP/magang yang dilakukan oleh mahasiswa. Itu menunjukkan bahwa anggota DPR kita belum siap untuk bekerja. Sebab mereka menjadi anggota DPR masih harus belajar untuk bekerja. Itu sebabnya mereka selalu mengadakan studi banding-dan studi banding. Bagaimana negara dan setiap daerah bisa maju kalau para penentu kebijakannya saja masih sedang belajar untuk bekerja.

Kalau anggota DPR kita adalah orang-orang yang memang pantas di sebut Job Seeker berarti tidak perlu ada studi banding. Mereka sudah mampu mengelola dan mengerjakan tugas-tugas pekerjaannya dengan baik sesuai dengan tanggung-jawab komisi-komisi. Sebenarnya semua masyarakat Indonesia mengharapkan anggota DPR kita adalah Job Seeker. Sehingga tidak perlu studi banding buang-buang waktu dan banyak biaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: