CARILAH ALLAH SELAGI IA DAPAT DITEMUI

Khotbah oleh James Yom, S.Th

Penulis Pilipus Kopeuw

Sentani Minggu 15 Maret 2012 – Jam 09:00 wit

 

Khotbah ini disampaikan pada Ibadah Umum setiap hari minggu di Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Marantha Hawai Sentani Jayapura Papua. Khotbah didasari dari Kitab Yesaya 55:1-13 dan sebagai ayat mas adalah ayat 6.

Mencari uang adalah hal yang mudah, karena memerlukan kecerdasan otak dan dan fisik semata. Hal itu siapa saja dapat lakukan. Apakah orang tua maupun anak-anak. Dulu uang dicari oleh orangtua, tapi sekarang anak-anak bisa cari uang. Contoh kongkritnya adalah anak-anak jaga parkiran bisa dapat uang.

Mencari Tuhan memerlukan roh yang menyala-nyala. Mencari Tuhan memerlukan kerinduan. Mencari Tuhan memerlukan penyangkalan diri dan penyaliban keinginan daging. Oleh karena itu, hanya sedikit orang yang bisa melakukannya, sebab banyak orang tidak bisa menyalibkan diri dan keinginan-keinginan dagingnya.

Yesaya 55: 6, tertulis carilah Tuhan selama ia berkenan ditemui. Mengapa kita harus mencari Tuhan?

  1. Karena Tuhan sendiri yang mengundang kita untuk mencari Tuhan. Perhatikan Yesaya 55:1. Ayo hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran. Manusia tidak lepas dari persoalan hidup dari hari ke hari. Oleh sebab itu, manusia butuh jawaban dan pertolongan Tuhan. Orang datang ke gereja tidak butuh biaya banyak, bandingan dengan saudara pergi nonton sepakbola ISL, atau konser music. Orang pasti mengeluarkan banyak biaya dan bayar mahal. Namun berbeda dengan undangan yang Allah berikan kepada Anda dan Saya itu Allah berikan dengan gratis-tis. Kenapa demikian, karena Tuhan tahu persis hidup saya dan Anda sekalian.
  2. Karena di dalam kecukupan dan kelimpahan (Ayat 2d). kenapa banyak orang mencari kelimpahan di luar Tuhan? Kalau Anda dan saya mau diberkati Tuhan, cari Tuhan. Ketika kita mencari Tuhan, berkat akan mengejar Engkau. Orang yang dekat dengan Tuhan ia tidak takut akan kebutuhan hidupnya ini.
  3. Karena di dalan Tuhan ada kehidupan (Ayat 3b). di dunia ini ada dua hal, yaitu: Kehidupan dan Kematian. Kematian disini bisa berarti kematian secara rohani dan jasmani. Jika kita mencari Tuhan, kehidupan akan engkau akan dapatkan. Datangnya kehidupan secara jasmani itu pun Tuhan yang tentukan. Tuhan berjanji bahwa ketika kita mencari Tuhan, kita akan menemukan DIA.
  4. Karena Tuhan rindu bersekutu dengan kita (Ayat 3c).  ketika engkau membangun persekutuan dengan Tuhan, maka Tuhan akan dekat denganmu. Tanpa engkau minta pun, Tuhan pasti akan memberi. Cari Tuhan, karena DIA hendak mengikat perjanjian abadi dengan kita. Kalau mau tender proyek biasanya para pengusaha dekat dengan bapa-bapa kepala dinas atau bapa Bupati dan Gubernur atau Presiden. Kalau kita mau tender proyek dari Bapa di Surga, berarti kita juga harus dekat dengan DIA.
  5. Selagi masih ada kesempatan dan waktu yang baik. Tuhan mau kita mencari DIA selagi ada kesempatan dan waktu. Suatu masa nanti tidak ada kesempatan dan waktu lagi untuk orang datang kepada Tuhan. Di beberapa Negara di belahan dunia lain, mereka sibuk dengan perang, tidak ada waktu untuk ibadah. Negara yang dilanda resesi ekonomi, menjadi miskin. Mereka tidak bisa mencari Tuhan, karena mereka hanya pikir perut mereka. Orang-orang yang dilanda bencana alam, mereka sedang dalam tangisan, mereka pun tidak bisa beribabah. Marilah kita mencari Tuhan. Masalah itu biasa tapi lekat pada Tuhan, imammu besar, dan lihat Tuhan mencukupi kenutuhanmu.
  6. Karena Tuhan memiliki rencana yang Agung bagi kita (ayat 8). Tuhan punya rencana yang indah bagi kita. Kalau tidak demikian, visi Tuhan beralih kepada orang lain. Tetapi bagi orang yang benar-benar setia beribadah, Tuhan dekat padanya. Yeremia 29:11… kalau kita butuh damai sejahtera, nats ini adalah jawabannya. Tuhan Allah ingin anak-anak-Nya sukses. Tuhan tidak merancang kita jadi orang orang Kristen yang miskin, yang bangrut, yang gagal terus, sakit-sakitan, tetapi Tuhan ingin supaya kita berhasil. Kalau kita tidak berhasil, berarti kitalah yang perlu mengoreksi diri.
  7. Karena di dalan Tuhan ada Damai Sejahtera dan Sukacita (ayat 12a). ketika kita mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh, engkau akan mendapatkan sukacita. Ada banyak orang lain lari kepada narkoba, sex bebas, alcohol, tapi bagi kita sebagai orang yang percaya dan setia beribadah kalau ada masalah larilah kepada Tuhan. Matius 11:28… carilah Tuhan selama IA dekat.

 

BAGAIMANA MENCARI TUHAN

 

  1. Dengan cara yang berkenan. Datang kepada Tuhan dengan rasa haus dan lapar. Orang yang tidak punya perasaan seperti itu, dia akan jalan masuk-keluar ibadah biasa-biasa saja.
  2. Mencari Tuhan dengan kerinduan yang menyala-nyala.
  3. Mencari Tuhan di dahului dengan pertobatan. Ayat 7, orang yang belum bertobat belum tentu bisa berdiri melayani, sebagai singer’s, songleader, pengkhotbah dan pelayanan lainnya. Yesaya 59:1-2 tanda pertobatan adalah baptisan. Dosa adalah pemisah hubungan kita dengan Tuhan. Dosa memang enak, tetapi akibat-akibat yang ditimbulkan dosa itu beresiko tinggi. Dosa merusak diri kita. Dosa membuat kita menjadi orang yang tidak berhasil dalam arti luas. Dosa akan merusak keluarga kita. Dosa akan merusak hubungan kekerabatan, persekutuan dengan sesame dan juga merusak hubungan dengan Allah.
  4. Mencari Tuhan dengan jalan berpegang pada janjiNya (ayat 11a). Kita harus baca firman Tuhan, supaya Tuhan berikan kita hikmat dan wawasan baru. Firman Tuhan adalah makanan bagi jiwa kita. Jiwa tidak bisa diberi makan dengan makanan jasmani. Oleh karena itu, peganglah firman Tuhan dengan baik.
  5. Mencari Tuhan dengan setia (ayat 13d). setia memang gampang diucapkan, mudah didengar tapi juga harus mudah dilakukan. Setia untuk melayani. Setiap kepada suami/istri. Setia dalam perkara kecil, itu penting sekali. Manusia biasa mau yang besar, karena tidak mengerti. Tuhan melihat kita, bukan karena kelebihan kita, tapi karena kesetiaan Tuhan-lah yang akan mengangkat engkau. Orang yang setia dia akan menikmati janji-janji Tuhan. Orang yang setia juga akan bisa melakukan hal-hal lain yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: