MENYERAP ILMU DAN SKILL MELALUI FACEBOOK

Oleh Philip Kopeuw

Yogyakarta, Jumat 20 Juli 2012 – Jam 12:59 wib

 Latar Belakang

Facebook merupakan jejaring sosial di dunia maya yang dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang sudah ditambahkan menjadikan teman kita. Pengguna facebook tidak memandang usia, status sosial, agama, suku bangsa, maupun tingkat pendidikan. Facebook dapat menjadi ajang berkumpulnya komunitas maupun bentuk-bentuk kebersamaan lainnya. Itu sebabnya facebook menjadi sesuatu yang sangat digandrungi oleh banyak orang.

 Pokok Permasalahan

Pembuat facebook bernama Mark Zuckerberg menjadi kaya raya dengan ciptaannya itu. Dia mendapat untuk yang luar biasa. Apa untungnya bagi kita? Ketika pertama saya memiliki account facebook, itu digunakan hanya untuk mengganti status, membaca status teman dan mengomentarinya  serta memberi ucapan selamat kepada yang berulang tahun. Setelah sekian lama, saya berpikir apa untungnya mendaftar facebook kalau hanya sekedar menghabiskan uang dan pulsa. Apa manfaat yang bisa saya petik dari facebook. Sebab, kadang membaca status teman yang hanya menceritakan keinginan dan kondisi terakhir yang dialami atau yang diinginkan, seperti tidak begitu bermanfaat karena saya tidak mendapatkan dan tidak memberikan apa-apa. Facebook sendiri juga bisa digunakan untuk hal-hal yang merusak persahabatan, cinta, rumah tangga dan sebagainya. Artinya, seharusnya kita semua memiliki kesadaran untuk tujuan apa saya mendaftar facebook? Untuk mendapatkan manfaat apa? Teman-teman siapa saja yang harus saya tambahkan, apa tujuan dan keuntungan memuat status? Apakah ada feedback yang menguntungkan yang saya harapkan? Ada tujuan apa saya menambahkan teman baru, Apa kepentingannya? Dan sebagainya

 Alternatif Pemecahan

Dari sekian 500-an teman dan 6 komunitas dimana saya ikut bergabung, saya melihat ada rekan-rekan yang bicara tentang cinta, tentang apa yang dilakukan sehari-hari, apa yang dikritisi, ada yang membagi informasi yang diperoleh, ada yang membuat tulisan, ada berdebat dalam topik diskusi tertentu, ada yang bertengkar, ada yang berbisnis, ada share persoalannya, dan masih banyak hal lain lagi yang dilakukan melalui facebook.

 Pemecahan Masalah

Melihat fenomena-fenomena tersebut diatas, akhirnya saya mengubah cara pandang saya. Kalau pembuat facebook saja, Mark Zuckerberg menjadi milioner, karena kita-kita, mengapa kita juga tidak mendapatkan untung sedikitpun dari facebook. Saya juga ingin mendapatkan untung walaupun belum atau tidak berupa uang melalui facebook.  Akhirnya saya memilih untuk menyerap ilmu dan mengembangkan skill melalui facebook. Mungkin pembaca bertanya-tanya, ilmu apa yang diserap dan skill apa yang di dapat atau skill apa yang bisa di dapat dan dikembangkan melalui facebook?

Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk menyerap ilmu dan mengembangkan skill saya. Pertama, secara pribadi saya suka akan kebijaksanaan. Itu sebabnya setiap membuka facebook, jika ada status yang berisikan kata bijak, pastilah saya akan catat di kertas atau langsung saya copy  and paste (salin) ke daftar kumpulan kata bijak saya. Saya sudah mengumpulkan kata bijak sejak tahun 2004 hingga sekarang dan saya tidak akan pernah berhenti mengumpulkan kata bijak hingga saya disibukkan dengan pekerjaan yang sangat sibuk. Kata bijak ini, terbagi dua, ada yang umum dan ada yang bersifat rohani. Kumpulan kata bijak yang umum pada saat menulis topik ini sudah mencapai 4393 kalimat bijak, sedangkan untuk kata bijak yang rohani baru terkumpul 280 kalimat. Kata-kata bijak ini bukan semuanya dari facebook saja, tetapi dari membaca buku, mendengarkan orang lain, khotbah, film, siaran radio, dan sebagainya. Kata bijak dari facebook juga tidak kalah penting dalam memperpanjang daftar dan memperbanyak perbendaharaan kumpulan kata bijak saya.

Kedua, sebagai orang Papua, kami punya tradisi sebagai penyegar suasana kebersamaan yakni menceritakan “MOB”. MOB artinya Menceritakan Omongan Bohong. Walaupun demikian artinya, tidak semua MOB itu berasal dari cerita-cerita bohong, ada juga kisah-kisah kehidupan yang rill tetapi dianggap lucu. Itu bisa diambil dan dijadikan sebagai MOB. Nah, saya juga punya kebiasaan mengoleksi MOB. Itu sebabnya, kalau di facebook ada teman atau anggota komunitas yang memuat MOB langsung saya tulis atau copy and paste ke file MOB. MOB yang saya kumpulkan bukan saja dari facebook tetapi juga dari SMS yang dikirim, juga menulis kembali MOB yang diceritakan orang lain dalam suatu pertemuan atau acara tertentu. Sampai saat ini MOB yang ada di file saya sebanyak 210 kisah dan itu akan terus bertambah. Mungkin ada yang bertanya untuk apa sih kumpulkan MOB. MOB sesuai fungsinya sebagai penyegar suasana, bisa juga sebagai ilustrasi, bisa juga sebagai jalan masuk untuk memulai sesuatu. Dan masih banyak keuntungan lain dari MOB.

Ketiga, dalam seluruh status facebook saya, selalu menuangkan kata bijak. Tujuannya adalah saya ingin menularkan semangat, membangkitkan motivasi, memberikan gairah yang sama kepada orang lain. Saya menyadari kondisi saya tidak beda jauh dengan teman saya di facebook. Kadang kita berada dalam kesepian, kegelisahaan, putus cinta, putus asa, bimbing, bingung, pusing, stress. Saya percaya bahwa kata-kata positif dapat menjadi energi buat saya dan rekan-rekan di facebook. Kata-kata positif adalah kekuatan buat saya dan juga semua orang. Mungkin Anda bertanya, darimana saya punya kata-kata bijak? Jawabannya ada pada point pertama. Saya punya banyak perbendaharaan kata bijak. Ketika situasi tertentu melanda saya, ada kata-kata bijak tertentu yang menjadi pilihan sebagai penguat bagi saya dalam menghadapi persoalan tersebut. Tidak ada artinya mengeluh, karena mengeluh hanya akan memperlemah dan mengurangi kekuatan dan semangat kita. Sebab itu, saya memilih untuk tetap terus menularkan semangat melalui kata-kata bijak untuk semua temannku di facebook.

Keempat, mendapatkan kekuatan dari status facebook teman-teman. Bukan saya saja yang bisa menularkan semangat, teman-teman di facebook turut memberikan semangat kepada saya. Baik dalam hal rohani maupun hal-hal rasional dalam dunia nyata.

Kelima, melalui facebook saya mendapatkan pengetahuan. Banyak hal yang saya tidak tahu, biasa ditambahkan sebagai halaman tambahan, itu sangap-sangat memberikan informasi yang berharga dalam menambah pengetahuan saya.

Keenam, melalui facebook saya bisa mengetahui pikiran banyak orang dalam satu hari. Kalau saja itu dibuat penelitian, kita bisa klasifikasi persoalan yang dihadapi oleh rekan-rekan kita dalam sehari atau kita acak selama sebulan. Kemudian bulan berikutnya kita evaluasi lagi dan lihat perubahannya lalu kita buat kesimpulan.

Ketujuh, melalui facebook dapat melatih kemampuan kita untuk berani mengemukan pendapat atau diskusi. Diskusi ini memang bukan tatap muka, tetapi disinilah ajangnya kita bisa belajar berbicara, berargumen, membuat analisa-analisa, mengkritik pendapat orang dengan apologetika kita. Melalui diskusi kita mengetahui kemampuan berbicara kita. Melalui diskusi kita mengetahui sejauhmana pengetahuan kita dan sejauhmana pengetahuan orang lain. Melalui diskusi keuntungan apa yang kita dapatkan untuk diri kita sendiri. Diskusi kadang menjadi obat penyempurnaan pengetahuan kita.

Kedelapan, kita bisa menjadi konselor buat teman-teman yang mengalami galau maupun goncangan dalam iman, dalam RT, dalam percintaan dalam pertemaan dan sebagainya. Saya sering berlaku sebagai konselor dan memberikan konseling kepada orang lain, walaupun tindakan itu tidak disebut sebagai konseling. Tetapi orang curhat, atau kita memberi solusi kepada persoalan mereka, itu saja sudah bagian dari konseling.

Kesembilan, melalui facebook kita bisa mendapatkan gambar-gambar baru.

 Kesimpulan

Setelah membaca uraian-uraian diatas, apa ilmu yang diserap dari facebook? Ilmu yang diserap itu adalah informasi baru yang dibeberkan yang belum saya ketahui. Selain itu, melalui diskusi di facebook saya belajar mengenal kemampuan dan kekurangan yang saya miliki, sehingga terjadi proses edukasi. Lalu skill apa yang saya peroleh dari facebook? Pertama saya jadi terampil dalam menuangkan ide maupun aplogetika, melatih kemampuan saya dalam membimbing orang lain sebagai konselor di dunia maya, kedua saya mendapatkan harta-harta tambahan baru bagi kehidupan saya. Bagaimana dengan teman? Apa manfaat facebook bagi teman-teman selama ini?

Satu Tanggapan to “MENYERAP ILMU DAN SKILL MELALUI FACEBOOK”

  1. […] Melayani111 Fakta Dan Ciri Khas Orang IndonesiaKata-kata Mutiara Ilmuwan Terkenal Albert EinsteinMENYERAP ILMU DAN SKILL MELALUI FACEBOOK .set-header:after{ background-image: […]

Tinggalkan Balasan

