KAUM MUDA SENTANI BERPELUANG BESAR BEKERJA SEBAGAI MEKANIK

Oleh Philip Kopeuw
0397 – Flavouw Sentani Jumat 12 Oktober 2011 – Jam 12:49 wit

Perkembangan Sentani begitu pesat. Jalan protokal sudah menjadi 2 jalur. Pembangunan rumah toko (ruko), mall, hotel terus mengalami pertumbuhan dengan pesat. Dealer-dealer motor berbagai merek dan jenis kini telah memasuki wilayah Sentani. Demikian juga berbagai dealer mobil dari Jayapura kota, kini sudah mulai merambah ke wilayah Kabupaten Jayapura yakni ke wilayah Sentani. Selain itu, Perusahaan- perusahaan maskapai penerbangan terus bertambah. Bandara Sentani terus di perluas untuk menjadi “Bandara Internasional” paling timur Indonesia.

Dalam pengamatan saya, sejak saya memiliki motor roda dua tahun 2001, ketika melakukan service ringan maupun berat di sebuah dealer motor di sudut di Kota Jayapura, saya perhatikan mekanik yang mengerjakan motor itu adalah orang non Papua. Non Papua berarti, sudah jelas bukan orang Sentani juga. Tahun 2004 juga, demikian, ketika saya punya motor baru lagi, ketika sedang service motor, saya melihat mekanik motornya juga adalah pemuda-pemuda non Papua. Tahun 2009, ketika saya punya motor baru Yamaha MX, 135cc lagi yang saya beli di Dealer Yamaha Sentani, saat hendak service, para mekanik yang mengerjakan motor itu juga semua pemuda non Papua. Terakhir tahun 2012 saya juga beli motor HONDA Vario PGM-F1 15cc, pada hari jumat 12 Oktober 2012, ketika saya membawa motor untuk di service, mata saya memandang para mekanik yang mengerjakan motor adalah para pemuda non Papua. Dari sinilah muncul pikiran tentang “kaum muda Sentani sebenarnya punya peluang besar untuk bekerja sebagai mekanik”. Untuk mengetahui kebenaran pernyataan itu, kita perlu menguraikan peluang-peluang kerja kamu muda sentani sebagai mekanik seperti apa, atau menjadi mekanik apa saja?

Peluang Kamu Muda Sentani Dapat Menjadi Mekanik Motor Roda Dua (Motor)

Saat ini masyarakat Sentani tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke Kota Jayapura untuk membeli motor dan service motor. Sebab saat ini, di wilayah Sentani telah dibuka dealer motor Yamaha, Honda dan Suzuki. Itu berarti tiap hari jumlah kendaraan roda dua (motor) tiap hari terus bertambah. Dengan dibukanya dealer-dealer motor berarti dibutuhkan juga tenaga kerja yakni sebagai mekanik motor. Dengan dibukanya dealer-dealer motor di Sentani, mempengaruhi bertumbuh toko-toko alat-alat motor, dan juga bengkel-bengkel motor. Otomatis bengkel-bengkel motor itu juga membutuhkan mekanik. Sayangnya, mekanik-mekanik yang saya lihat, diantaranya tidak ada anak Sentani satupun. Padahal itu adalah peluang kerja yang tersedi bagi anak-anak Sentani yang punya skill otomotif untuk jadi mekanik. Dari kenyataan ini, menimbulkan pertanyaan, kenapa anak-anak Sentani tidak ada yang mau jadi mekanik? Padahal ada Sekolah Menengah Kejuruan di Hawai Sentani jurusan atomotif. Selain itu, ada Universitas Teknik Jayapura, ada Universitas Negeri Cenderawasih, dengan Fakultas Tekniknya.

Peluang Kamu Muda Sentani Dapat Menjadi Mekanik Mobil

Saat ini dealer mobil Yamaha sudah buka cabang di Sentani. Dealer mobil Suzuk; Honda; Nissan, Ford, isusu, sudah mulai merambat ke wilayah Abepura hingga Padang Bulan. Selain itu bengkel-bengkel dan dealer jelas membutuhkan tenaga kerja sebagai mekanik. Saya yakin tahun 2013, pasti beberapa delaer mobil sudah dibuka di Sentani. Ini membuak peluang buat anak-anak Sentani untuk bisa bekerja sebagai mekanik mobil. Perhatikan saja bengkel-bengkel mobil yang ada di Sentani, belum ada anak Sentani yang bekerja sebagai mekanit mobil. Kebanyakan lulusan STM memanfaatkan bengkel-bengkel mobil hanya untuk praktek dan memperoleh nilai, bukan untuk memperlancar skill dan sebagai peluang untuk mendapatkan pekerjaan sebagai mekanik mobil. Tingkat perkembangan dan pertambahan kendaraan mobil, truck dan bis terus meningkat jumlahnya. Kita harus tahu tidak mungkin kendaraan itu mulus-mulus saja. Pastilah akan ada yang mengalami gangguan mesin maupun kerusakan. Nah, kalau sudah demikian, yang dibutuhkan adalah mekanik khusus. Di kabupaten Jayapura ini mekanisk mobil khususnya anak-anak muda Sentani tidak ada. Itu sebabnya, menjadi mekanik mobil merupakan sebuah peluang untuk bekerja yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak Sentani.

Peluang Kamu Muda Sentani Dapat Menjadi Mekanik Pesawat

Di seluruh wilayah baik kota Jayapura, Kabupaten Kerom dan Kabupaten Jayapura, yang memiliki Bandar Udara adalah Kabupaten Jayapura. Dinama letak bandara itu? Letaknya ada di wilayah Sentani. Dulu maskapai penerbangan sedikit. Akhir 2012 ini sudah banyak maskapai. Mulai dari Deraya; Jayasi; Maf; SusiAir, Manunggal, Trigana; Merpati; Garuda; Lion Air; Sriwijaya; ExpressAir; Batavia Aie; Air Fast. Saya tidak pernah melihat anak-anak Papua bekerja sebagai mekanik pesawat, apalagi anak-anak Sentani pemilik Tanah Bandara Sentani. Itu menunjukkan bahwa terbuka besar peluang kaum muda Sentani untuk bekerja sebagai Mekanik Pesawat. Beberapa anak Sentani seperti Dorkas Suebu dan Alan Kopeuw, saat ini sedang studi di Sekolah Tinggi Teknologi Adisucipto Yogyakarta Jurusan Teknik Penerbangan. Sebab, Output lulusan jurusan Teknik Penerbangan ini akan dapat bekerja sebagai mekanik pesawat. Kita berharap banyak kaum mudah Sentani dapat membaca peluang kerja ini, yakni sebagai mekanik pesawat. Saya yakin dengan pendidikan yang relevan dengan pekerjaan, apalagi anak-anak asli dapat diterima sebagai perioritas untuk bekerja sebagai mekanik pesawat.

Sekolah Tersedia Untuk Belajar Jadi Mekanik

Dari uraian penjelasan di atas menunjukkan bahwa sekolah-sekolah sebagai tempat menimbah ilmu dan mengasah ketrampilan khusus sebagai mekanik sangat tersedia. Seperti Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Otomotif. Ada kampus-kampus yang membuka Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif dan teknik penerbangan. Itu berarti untuk menjadi mekanik sangat mudah, karena tersedia jalur-jalur pilihan pendidikannya. Pertanyaannya adalah apakah kaum muda Sentani bisa membaca peluang untuk bekerja sebagai mekanik atau tidak? Kalau ada yang sudah menamatkan sekolah bidang otomotif kenapa tidak mau bekerja sebagai mekanik? Apakah tidak punya skill yang memadai? Memangnya waktu sekolah dulu, apakah yang sebenarnya di pelajari?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: