WASPADA TERHADAP ANTI KRISTUS

Oleh Philip Kopeuw
0439 – Yogyakarta Minggu 18 November 2012 – jam 17:49 wib

Pembahasan topik ini akan didasari dari Alkitab yakni, Daniel 10:16-18; Ibrani 10:16-18; dan Markus 13:1-8. Kutipan-kutipan bagian kitab ini tidak langsung menyebutkan tentang Akti-Kristus. Perhatikan 1 Yohanes 2:18, yang berbunyi “Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir”. Darimana kita tahu bahwa itu adalah Anti-Kristus. Dalam bahasa Yunani, Koine terdiri dari 2 kata, dieja dalam bahasa Indonesia: Anti + Kristos. Anti berarti mengganti, melawan atau mengambil tempat orang lain. Anti Kristus berarti mengambil tempat Yesus, atau mengaku atau menjadikan dirinya sendiri sebagai Mesias, Juru Selamat, Utusan Allah yang menyelamatkan manusia dari dosa (Markus 13:6). Ia menyesatkaan orang-orang yang seharusnya “menyembah” Yesus Kristus Saja”. Anti Kristus yaitu orang yang tidak mengakui Yesus sebagai Kristus! (1 Yohanes 4:3 dan Yohanes 1:7). Lihat Wahyu 12:7 yang berbunyi “Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya”, hari-hari ini kita harus banyak baca Alkitab, walaupun kita juga membaca berita dan buku-buku. Siapakah “naga” yang dimaksud? Naga adalah “ular tua” dalam Kejadian 3: 3:1. Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?” 3:2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: “Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, 3:3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.” 3:4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati…” pada jaman akhir seperti dalam kitab Wahyu diatas muncul kembali.

Siapakah Anti-Kristus utama? Anti Kristus utama Adalah Luciver. Banyak orang yang akan menjadi pengikut Luciver. Wahyu 13: 1 dan 11 yang berbunyi 13:1. Dan ia tinggal berdiri di pantai laut. Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. 13:11. Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga. Inilah para tokoh asisten Luciver. Luciver punya anak buah great I. Mereka yang akan menyerahkan orang-orang untuk menyembah luciver.

Siapa yang jadi Anti-Kristus? Yesus pun merahasiakan. Makanya yang Yesus katakana adalah Waspadalah!!! Mengapa Yesus katakan tentang Bait Allah? Ada apa di/dengan Bait Allah? Jika diperhatikan kompleks Bait Allah sangat luas dan megah. Ada pelataran bangsawan, ada pelataran wanita, ada serambi, ada lorong dan fasilitasnya sangat istimewa. Sampai saat ini, ada sudut batu Bait Allah yang masih berdiri sangat kokoh tanpa campuran semen merek apapun. Karen disusun dengan teknik batu mengunci batu.

Alec Garrad berusia 70 tahun coba membuat replika Bait Allah. Ia terkagum dengan Bait Allah. Demikian juga dengan murid-murid Yesus. Apakah Yesus juga bangga dengan Bait Allah? Herannya Yesus tidak bangga lihat gedung Bait Allah ini, yang Yesus katakana kemudian adalah suatu saat tidak ada satu batupun terlihat seperti itu lagi. Artinya suatu saat nanti Bait Allah ini akan diruntuhkan. Penyataan Yesus ini apakah karena Dia sentiment tidak jadi imam di Bait Allah itu? Yesus tidak butuh Bait Allah. Ibrani 10:1 berkata “Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya, 10:11 Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa. 10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah”. Yesus bicara mengenai Imam Agung. Siapa Iman Agung?

Siapa yang bangun Bait Allah yang megah ini? Yang membangun meronofasi Bait Allah adalah Raja Herodes. Herodes ini siapa? Bagaimana latar belakang hidup? Ia adalah orang yang “edan” bisa bangun bait Allah. Ia adalah orang yang bisa mengorbankan anak gadisnya sendiri. Ia adalah orang yang mengejar orangtua Yesus. Apakah dia bangga dengan mendirikan Bait Allah?

Anti Kristus akan menggeser dan menggantikan Yesus. Bait Allah akan dicemari. Ingat Iman Eli dengan kedua anaknya yang bernama Hofni dan Penehas? Kisah sejarah ini tercatat dalam kitab 1 Samuel. Hofni dan Penehas tidak sopan, bisa mencuri persembahan di Bait Allah. Persembahan jaman itu adalah persembahan korban bakaran. Tuhan tidak senang dengan sikap-sikap seperti itu dalam Bait Allah. Apa komentar Iman Elia atas tindakan anak-anaknya? Tenyata tidak ada ketegasan dari Iman Eli terhadap Hofni dan Penehas. Iman Eli tidak ada ketegas tentang kekudusan Bait Allah. Akibatnya Bait Allah rusak.

Pada jaman PB, dalam Matius 4, Yesus dibawah oleh Ular si Iblis tua itu ke bumbungan Bait Allah atau ke pucuk Bait Allah. Itu menunjukkan bahwa Iblis juga nongkrong diatas Bait Allah. Nyatanya saat ini juga gereja bukan jadi tempat kudus. Bandingkan saja Herodes yang tangannya penuh berlumuran darah itu bisa merenovasi Bait Allah. Apakah Allah berkenan atas perbuatan baik orang yang penuh berlumuran darah dalam merenovasi Bait Allah? Tidak!.

Yesus pernah marah di Bait Allah. Kenapa Yesus marah! Karena Bait Allah di jadikan pusat perdagangan dan saran penyamun dengan jubah Imam. Pola politik mencari untung dikembangkan. Bagaimana caranya? Umat biasa membawa korban tapi terlebih dahulu diseleksi oleh iman tentang kelayakannya, kalau ada yang tidak layak, maka dianjurkan untuk membeli atau mencari yang lain. Untuk itu, sudah ada kerja sama para iman dengan para pedangan, sehingga umat tidak perlu pulang atau pergi jauh-jauh. Mereka bisa menukarkan atau membelinya di sekitar bait Allah.

Bait Allah sudah mulai dihancurkan oleh manusia lewat penyesatan. Dulu gereja pernah memperjual belikan surat penghapusan dosa, yang kemudian diprotes oleh Marthin Luther, akhirnya berdirilah gereja Protestan. Dalam gereja dilakukan praktek-praktek politik. Dibuat move untuk menjadi seperti Allah. Itulah yang ditawarkan Ular kepada Adam dalam kitab Kejadian 3., bahwa kamu akan menjadi seperti Allah, berarti Adam bisa menggeser Allah, menggantikan Allah.

Ilustrasi: ada seorang Pendeta kehilangan anak dan mantunya. Tinggal cucunya,. Besar pahanya seperti cincin kawin. Bobotnya ½ kg. perdiksi hidupnya tidak ada atau tidak lama. Pdt. Maxthree dan istrinya Ester melakukan cinta kasih kepada cucunya. Pihak rumah sakit meminta kepada pendeta ini : maukah engkau meneruskan apa yang kau lakukan ini dengan jarimu dan ucapkan kalimat I Love you, Jesus love you, God be with you. Cucunya hidup dan diberi nama Zue. Sehingga mereka bangga dengan jari Allah yang menyentuh. Orang yang takut Allah, bukan dapat hikmat saja melainkan ia akan hidup seperti sekarang ini.

Markus 13:4-5 berbunyi 13:4 “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi, dan apakah tandanya, kalau semuanya itu akan sampai kepada kesudahannya.13:5. Maka mulailah Yesus berkata kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! muridNya bangga dengan batu-batu bangunan di bait Allah, tapi Yesus katakan semuanya itu akan runtuh? kapan akan diruntuhkan, Tanya murid-Nya. Jawab Yesus adalah waspadalah. Jawaban seperti ini tidak enak, sebab seharusnya itu jawaban Yesus jelas tanggal bulan dan tahunnya. Yesus mau murid-muridNya membaca tanda saman. Dengan mengerti maksud Allah, ia akan mendapat sesuatu yang istimewa. Matius 16: 3 yang berbunyi 16:3 dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak. Yohanes salah satu murid Yesus mengerti sehingga ia menulis dalam 1 Yohanes 2:18 yang isinya 2:18. Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. Bagi Tuhan1 hari bisa sama dengan 1000 tahun. Jadi waktunya kapan saja bisa terjadi akan munculnya Anti-Kristus. Anti Kristus datangnya dari mana? Lihat 1 Yohanes 2:19 yang berisi bahwa Anti kristus itu bukan dari luar gereja tapi dari dalam gereja, dari dalam tubuh Kristus, bisa juga dalam dirimu.

Cara untuk memproteksi dini munculnya Anti Kristus adalah dengan rajin-rajin membaca Alkitab dab sumber-sumber lain yang menunjang. Alkitab patut dipercaya, karena ditulis selama 1600 tahun oleh 40 orang menulis Alkitan dalam kurun waktu yang berbeda. Kemudian 77 orang dipilih untuk memutuskan mana yang Alkitab dan mana yang bukan.

Mengapa Yesus membenci malaikat yang satu ini yakni luciver? Karena Yesus sudah tahu apa yang akan dilakukannya kemudian. Makanya Yesus hanya mengingatkan dengan mengatakan: kamu akan mendengar tanda deru perang. Ketika saat itu maupun saat ini jika kita mendegar dan melihat tanda deru perang, itulah yang Yesus maksudkan. Ada ajaran bahwa Alkitab berisi firman Tuhan dan Alkitab adalah firman Tuhan. Alkitab secara holistic adalah The Word of God. Sebab semua isi Alkitab ditulis dan dikendalikan oleh Allah.

Ilustrasi: seorang pengusaha berjanji kepada anaknya. Nak, kalau kamu bisa lulus cepat dengan nilai terbiak, maka ayah akan membelikan kamu mobil Ferrari dengan harga 4,7 milyar. Kemudian anaknya lulus sesui criteria ayahnya. Lalu untuk memenuhi janji, ayahnya mengajak anaknya ke showroom mobil Ferrari untuk memilih. Setelah itu ayah dan anak itu pulang, padahal anaknya ingin segera membawa pulang sendiri. Tapi ayahnya katakana biarkan saja nanti mereka mengantarkannya ke rumah. Sesampai di rumah, sehari, dua hari bahkan hari ketiga. Ayah memanggil anaknya dan memberikan sebuah kotak. Setelah anak ini menerima dan membuka kotak itu, yang dilihat didalamnya adalah Alkitab, tanpa memeriksa lebih lanjut atau menanyakan kepada ayahnya, anak membanting kotak itu dan marah-marah kepada sang Ayah, janjinya mobil ferarri kok yang diberi Alkitab. Untuk apa Alkitab! Lalu anak ini pergi dari rumah selamah 3 tahun karena mendengar ayah sakit-sakitan dan tak berdaya, anak ini pulang. Ketika bertemua ayahnya, ternyata ayahnya masih menyimpang kotak itu, dan menjelaskan kepada anaknya di dalam kotak itu, bahwa Allkitab ada kunci mobil Ferarri. Setelah itu ayahnya meninggal. Anak ini menangis dan menyesali diri kenapa dia begitu bodoh, kenapa saya tidak memahami maksud ayah dengan benar? Kenapa ayah begitu solid pada Alkitab?Kenapa Ayah begitu mengutamakan pemberian Alkitab? Rupanya Ayah adalah seorong yang percaya Kristus, ia tahu bahwa ia bisa seperti sekarang bukan karena kemampuannya, tapi karena kemurahan hati Allah. Itulah yang dia inginkan bagi anaknya. Walaupun anaknya akan mengendarai ferarri, tapi dengan kesadaran penuh bahwa semua yang dia nikmati ini hanya karena Tuhan. Sayangnya anak ini memahami sesuatu makna kehidupan dibatas kehidupan dan kematian sang Ayah tercinta.

Pendeta yang mengajarkan tentang perjamuan kudus jalan menuju ke sorga. Baca Alkitab supaya tida disesatkan. Jangan menambah atau mengurangi isi Alkitab. Di surga itu hanya ada dua perjamuan, yakni perjamuan kawin anak domba dan perjamuan kudus. Hal ini diajarkan oleh Pdt. Pariadji dari GBI Tiberias. Di tekankan, bahwa cara ini jangan pakai di luar, kalau pakai diluar dianggap mencuri. Begitu juga dengan minyak urapan. Minyak urapan dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan persoalan. Padahal dalam Alkitan minyak urapan digunakan untuk: mengurapi Raja, Imam dan Nabi. Kita harus pakai logika dan akal sehat untuk memahami Alkitab. Bedakanlah antara minyak olesan dan minyak urapan, walaupun sama-sama minyak (oil) tapi fungsinya beda.

Kalau mau faham, harus focus dan pahami tanda-tanda saman caranya dengan rajin, rutin membaca Alkitab. Saudara mau alami yang luar biasa tidak perlu diluar Alkitab, tapi di dalam Alkitab, ada banyak hal yang bisa kau miliki.

Nats Korban Persembahan Markus 12:44 yang isinya: 12:44 Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: