MOSI TIDAK PERCAYA TIM PERUBAHAN TERHADAP KETUA STAKPN SENTANI

0481 – Sentani, Rabu 23 Januari 2013 – Jam 07:59 wit

Tulisan di Cepos sabtu 29/12/12 tentang “Pimpinan STAKPN Diminta Ada Perubahan” mendapat tanggapan langsung dari Drs Marcus Labobar, M.Th selaku ketua STAKPN Sentani. Tanggapan tersebut melalui tulisan pesan singkat (SMS) yang dikirim Marcus Labobar kepada Ketua dan Sekertaris Tim Perubahan STAKPN Burere-Sentani yang isi “Sdr Philip Kopeuw, M.Pd dan DR. fredrik Warwer Salam Natal, saya baru membaca cepos, tidak benar saya mau calonkan diri lagi, aturannya statuta sangat jelas hanya dua periode. Sk ketua saya sampai Februari 2013. Sekarang ada pendaftaran kandidat di panitia, sub bagian kepegawaian, silahkan mendaftar. Selesai masa tugas saya kalau siapa yang mau menjadi pelaksana tugas (plt) silahkan ajukan aspirasi dan bisa kita coba teruskan ke pusat sebab itu kewenangan Dirjen. Ketua tidak memiliki kewenangan untuk mengusulkan plt. Jika ada info yang diterima coba tanyakan dulu ke pimpinan STAKPN atau ketua panitia pelaksana agar akurat. Dari Drs. Marcus Labobar, M.Th Ketua STAKPN Sentani, tembusan Ditjen Bimas Kristen Kemenag Jakarta, shalom

Pesan singkat ini baik, tapi semua Anggota Tim Perubahan STAKPN Burere-Sentani, menyatakan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan ketua STAKPN Sentani. Alasannya sbb: (1) Sebab sudah 13 tahun atau tiga periode berturut-turut dia menjabat sebagai ketua STAKPN Burere-Sentani tidak menunjukkan sikap dan teladan sebagai seorang pemimpin maupun Pendeta yang baik. Banyak dosen, pegawai dan mahasiswa hidup dibawah intimidasi dan ketakutan. Kepemimpinannya penuh dengan sukuisme, keluargaisme, kelompokisme dan kebijakanisme. Bawahannya dituntut melakukan aturan statuta, sedang Marcus Labobar dan kroni-kroninya sendiri tidak melakukan statuta. Fakta dilapangan cukup banyak tentang perilaku penyimpangan kepemimpinan ketua dan jajarannya yang sudah 13 tahun berkuasa di STAKPN Sentani. Kini sudah saat harus terjadi perubahan menuju STAKPN Burere-Sentani yang lebih baik.

(2) Sudah tidak ada harapan lagi untuk untuk menempuh jalur senat yang ditawar oleh Marcus Labobar. Tim Perubahan STAKPN Sentani akan menempuh jalur penunjukan langsung Ketua Baru. Selanjutnya, kepemimpinan STAKPN baru 2013-2017 akan mengembalikan roda pemerintahan Sekolah Tinggi ini sesuai statuta dan aturan lainnya sebagaimana mestinya.

(3) Budaya Organisasi STAKPN Sentani tidak Kondusif. STAKPN sentani sudah 13 banyak hal yang terpendam dalam hati, perasaan dan pikiran dosen dan staf administrasi serta mahasiswa STAKPN Sentani. Itu sebabnya, Tim Perubahan minta Ketua STAKPN Sentani dan Jajaran Pejabatnya segera diganti, karena tidak bisa menciptakan iklim organisasi STAKPN Sentani yang kondusif.
Perilaku Pemimpin dan Jajaran Pejabat yang ditunjukkan dinilai negatif. Marcus Labobar dan jajaran pimpinan menjabat selama tiga periode berturut sebagai jabatan abadi dan penuh dengan korupsi, kolusi dan nepotisme. Berdasarkan fenomena-fenomena tersebut di atas menunjukkan bahwa Ketua dan Jajaran Pejabatnya harus sadar diri dan segera mengundurkan diri dari jabatannya, karena sudah tidak bisa lagi bekerja secara optimal demi kepentingan bersama dalam lembaga STAKPN Sentani sekarang maupun ke depannya.

(4) Kepuasan kerja di STAKPN Sentani tidak dipedulikan. STATUTA dan ORTALA hanyalah pelengkap administrasi, karena peraturan itu seperti tajam ke bawah dan tumpuk ke atas. Tetapi secara operasional, maupun praktisnya tidak digunakan. Semua sistem pemerintahan kampus dikendalikan langsung secara otoriter oleh Ketua Marcus Labobar dan Jajaran pejabat STAKPN Sentani. Artinya, dalam menyusun program sendiri, mengusulkan program sendiri dan ketika DIPA turun, mereka bekerja sendiri bersama keluarga dan kroni-kroninya.
(5) Mengangkat dan memberhentikan pejabat sesuka-hati, padahal ada pejabat yang masa jabatannya belum berakhir sudah dicopot. Senat tidak dibentuk dan tidak berfungsi karena menjadi boneka mainan Marcus Labobar, semua kerja senat diambil alih dan ditangani oleh Ketua STAKPN Sentani.

Ini hanya garis sebagian kecil masalah yang hanya secara garis besar saja yang disampaikan menjadi dasar mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Marcus labobar dan jajarannya di STAKPN Sentani.
Sudah waktunya, ketua dan jajaran pimpinan STAKPN Burere-Sentani mundur dan meletakan jabatannya atau diberhentikan. Sebab STAKPN Sentani perlu diselamatkan dan dipulihkan menuju perubahan yang baik dan lebih maju lagi dalam arti luas.
Menanggapi sms Marcus labobar, berdasarkan alasan-alasan yang kami uraikan diatas, hal yang ditawarkan kami menyatakan menolak dengan tegas pesan singkat tersebut diatas. Tim Perubahan juga meminta Macus Labobar supaya tahu diri dan sadar serta mendukung maksud baik untuk perubahan STAKPN Sentani ke depan. Tidak ada pemilihan Ketua melalui senat, karena selama ini tidak ada senat yang independen, yang ada hanya boneka dengan remot kontrol. Oleh karena itu, Tim Perubahan mengambil sikap mengusung langsung calon tunggal pejabat baru Ketua STAKPN Sentani masa bakti 2013-2017 Ke Dirjend Bimas Kristen Kemenag RI dan Menteri Agama Serta Ke Presiden di Jakarta. Tim Sudah mendapat dukungan dari banyak pihak yakni Ketua-Ketua Sinode, Ketua MRP, Ketua dan Ketua I POKJA Agama MRP. Seandainya dari periode kepemimpinan awal hingga pertengahan (2000-2008) ada tanda-tanda harapan dari kepemimpinan yang baik, mungkin hal ini tidak perlu terjadi. Namun, hingga pada akhir jabatan kepemimpinan Marcus Labobar dan kroni-kroninya menunjukkan sikap-sikap penyimpangan yang semakin menjadi-jadi. Itu sebabnya, Tim Perubahan perlu menyelamatkan institusi STAKPN dan SDM-nya, supaya lembaga ini tetap eksis dan memberi sumbangsi besar terhadap pendidikan keagamaan dan pengembangan SDM di tanah Papua, Indonesia dan Seluruh dunia. Saat ini sudah waktunya intitusi STAKPN Sentani untuk perubahan. Isu-isu mengenai pendatang yang memanfaatkan Tim Perubahan adalah among kosong dan tidak benar. sebab Tim Perubahan STAKPN Sentani berjuang untuk kepentingan semua sivitas akademika (Dosen, pegawai dan mahasiswa). Jika diketahui ada dosen atau oknum lain yang ikut di dalam serta memanfaatkan Tim Perubahan, maka orang tersebut akan dikeluarkan dengan tidak hormat dari. Demikian ungkap Ketua Tim Perubahan STAKPN Sentani, Pilipus Kopeuw, M.Pd. dan Sekertarisnya Dr.Fredrik Warwer, D.Th.

5 Tanggapan to “MOSI TIDAK PERCAYA TIM PERUBAHAN TERHADAP KETUA STAKPN SENTANI”

  1. SY MAU DUKUNG TIM PERUBAHAN STAKPN, TP ADA TANTE SY SARAH BUNDA DESI BAWAN, NTI DIA MARAH SY.
    JD SY PILIH NETRAL SJ YA…….,
    SY SUPPORT DALAM HATI SJ, TATUTT YA…….!!!

  2. saya lulus di ktr stakpn berkat bpk marcus labobar, makanya apapun yg terjadi saya tetap loyal thp beliau.
    satu hal yg bikin saya terkejut, staf bpk benyamin melmambessy yg bernama : listarina, ST mau pindah ke BNN, ini jd pertanyaan knp mau pindah? alasannya klise mau cri suasana baru.
    dugaan saya, listarina takut dg bpk marcus labobar munkin juga takut dg tim perubahan.
    krn selama ini dia di kenal sbg pegawai yg pemalas, paling sering bolos kantor, dgn alasaan aneh-aneh.
    padahal listarina lulus di ktr stakpn juga krn akses dari tantenya desi bawan ke pejabat stakpn, info terbaru dari bpk ketua.

    • Thanks buat Hendro Raturoma, yang sudah turut komen. Hidup ini pilihan dan LOYAL itu sangat dibutuhkan dalam suatu lembaga agar pekerjaan dapat berjalan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Nah, dalam membuat pilihan dan keptusan disertai dengan konsekwensi. hal itu berlaku bagi semua orang. Rupanya sifat LOYAL itu membuat Anda juga terganggu dengan tulisan TP ini. LOYAL penting, tapi harus disertai dengan KESADARAN…itu sebab perlu Anda tahu, bahwa JANGAN MENGATAKAN APA YANG ORANG KATAKAN KEPADAMU, TETAPI KATAKANLAH APA YANG ANDA TAHU. Hati pasti sejahtera dan tentram. kadang BAHASA MENUNJUKKAN BATASAN SESORANG. untuk Hendro Tahu, TIM PERUBAHAN BUKAN HANYA LOYAL KEPADA OKNUM TERTENTU SEPERTI ANDA< TAPI LOYAL UNTUK SEMUA YANG ADA DI STAKPN SENTANI.

  3. TELAH DI PASANG SEJUMLAH CCTV SUPER MINI PADA BANGUNAN KAMPUS STAKPN BURERE SENTANI, JIKA ADA TINDAK KEKERASAN VERBAL MAUPUN NON VERBAL AKAN DI TINDAK LANJUTI, TERUTAMA YANG BERKAITAN DENGAN ANCAMAN PARANG, UMPATAN, PELECEHAN SEKSUAL, PORNOGRAFI, PERKELAHIAN HINGGA YANG PALING TRAGIS (MAAF) PEMBUNUHAN.
    MENURUT LAPORAN, HENDRO IRAWAN ADALAH SEORANG LAKI-LAKI SUPER NORMAL YANG SUKA KE BAR-BAR, DAN PUNYA KEBIASAAN SUKA MINUM MIRAS. KETIKA GINJALNYA SAKIT, HENDRO MENGELUH DAN CURHAT PADA PEGAWAI-PEGAWAI WANITA & MAHASISWI, INI KARENA SUPER NORMALNYA, BANGKALI BISA JADI SUPERBOY KOLOR HIJAUU….,
    JUGA HENDRO PUNYA SIFAT YANG SUKA MENGHINA ORANG LAIN / PEGAWAI YANG STATUS SOSIALNYA RENDAH, SUKA PILIH-PILIH TEMAN DALAM BERGAUL, MAU BERGAUL HANYA DENGAN ORANG-ORANG KAYA & PEJABAT-PEJABAT.
    BELAGU BANGET LU……,
    MUKA ELU JAUH HENDRO…., MENDING ELU YANG BELAGU JADI MAKANAN JIN AJE.
    TIM PERUBAHAN, MANTAP…..!!! LANJUTKAN PERJUANGAN….!!!!

    • Pro dan Kontra menanggapi tulisan itu biasa bagi Tim Perubahan. Rekan2 di Tim perubahan adalah orang2 yang sudah terlatih dalam menanggapi tulisan, TP juga bisa membaca gaya penulisan dan bahasa seseorang. tapi itu tidak penting. Dinamika yang terjadi adalah perlu diskusi2 yang mengarah kepada pengungkapan kebenaran kasus2 yang terselubung (MAFIA). INGAT: melalui kata2 kita bisa kenal karakter, hati dan pikiran seseorang. sebab, Bahasa menunjukkan batasan seseorang. selain itu, kata-kata yang jadi kalimat2 ini bisa membunuh dan juga bisa memberi kehidupan. kalau belum siap dapat serangan balik, jangan coba2 bermain kata. Tim Perubahan hanya ingin mengekspos hal-hal yang dianggap penting untuk publik ketahui, dan selalu membuka diri untuk diskusi yang mengarah kepada KEBENARAN. Hati2 dengan berteman, hal yang bisa bersifat rahasia jangan diketahui oleh orang lain. pesannya adalah “coba belajar melindungi diri dengan tidak menceritakan atau menunjukkan rahasia pribadi kepada orang dekat. sebab suatu saat itu akan menjadi alat penghancur da perusak yang merugikan diri Sendiri. HIDUP INI ADALAH TABUR TUAI. waktu akan menjelaskan cepat atau lambat siapa kawan siapa bukan kawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: