TIM PERUBAHAN MINTA PIMPINAN STAKPN SENTANI JANGAN LIBATKAN PIHAK KETIGA

Oleh Tim Perubahan STAKPN Sentani
0487 – Sentani, Kamis 24 Januari 2013 – Jam 21:59 wib

Dalam dinamika menuju pergantian Ketua baru STAKPN Sentani, terjadi insiden-insiden yang diprofokasi oleh Marcus Labobar dengan memerintahkan Agus Kawai salah satu tenaga honorer (sopir bis kampus) dan satpam kampus mengancam beberapa person dosen dan staf dan seluruh dosen dan pegawai yang tergabung dalam kelompok Tim Perubahan dengan benda tajam dan benda tumpul (parang dan kayu). Menurut ketua Tim Perubahan (Pilipus Kopeuw) dan Sekertaris (Dr. Fredrik Warwer, M.Th), Tim Perubahan STAKPN Sentani tidak punya masalah dengan Agus Kawai, atau pun satpam kampus atau pihak manapun. Sebab masalah pergantian ketua baru adalah urusan institusi STAKPN Sentani. Jika Agus Kawai terus menerus mengancam para dosen dan pegawai, kami pertanyakan, siapa yang menyuruhnya? Atau siapa oknum atau profokator di balik tindakan agus kawai?

Tim Perubahan, tidak akan melayani cara-cara kotor yang dilakukan oleh suruhan-suruhan Marcus Labobar. Jika hal itu, berlanjut, akan diserahkan kepada pihak berwajib. Namun demikian, Tim Perubahan juga akan melakukan pendekatan secara kekeluargaan kepada Ondoafi Orgenes Kawai untuk menjelaskan masalah ancaman-ancaman yang dilakukan oleh Agus Kawai salah satu anak Kampung di Bambar Doyo Baru. Sebab sudah empat kali Agus Kawai melakukan Ancaman; (1) kepada Dosen Markus Gainau; (2) kepada pegawai Simon Yappo; (3) kepada Pilipus Kopeuw dan Yosep Kambu; (4) kepada babi-babi (sebutan terhadap semua anggota kelompok Tim Perubahan). Sebab Agus Kawai sudah membawa parang ke kantor ini sudah ancama dan intimidasi ke pegawai. Agus Kawai ini hanya pegawai harian, dia tidak berhak untuk mengancam PNS dilingkungan STAKPN Sentani. Hal ini sudah salah. Agus Kawai mungkin besar kepala karena Marcus Labobar, Yulius Bobii dan Dominggas Mirino, Enos Seno, Maikel Dandirwalu dkk, mendukung tindakannya. Buktinya, tidak ada satupun yang mengatakan dirinya pejabat di STAKPN Sentani yang berani menegurnya. Itu artinya, mereka merestui tindakan Agus Kawai. Kalau terjadi sesuatu terhadap salah satu dosen atau pegawai, Marcus Labobar dan jajaran pimpinannya bertanggungjawab. Sebab dari mulut Agus Kawai mengatakan ia sudah diberi mandat oleh Marcus Labobar untuk mengamankan kampus STAKPN Sentani. Tim Perubahan juga berharap Agus Kawai tidak menyalahartikan maksud perintah itu, dengan caranya yang mengancam keslamatan dan kenyaman banyak PNS STAKPN Sentani. Agus kawai juga berlagak seolah-olah bodyguard Marcus Labobar. Kapasitas tindakan Agus Kawai sebagai apa sebenarnya?

Sepertinya Marcus Labobar memanfaatkan Kepala Suku Soleman Manuri dan Agus Kawai (pihak ketiga) sebagai tameng. Ini adalah cara-cara yang benar licik dari seorang Marcus Labobar yang adalah juga seorang pendeta. Marcus Labobar selalu saja pakai cara intimidasi dan mengancam orang-orang yang dia tidak suka. Beliau benar-benar kurang ajar dan keterlaluan. Itukah teladan dari seorang mantan ketua STAKPN Sentani dan Pendeta? Atau ada hal kotor besar apa yang disembunyikan dan takut terbongkar ke publik atau tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)/Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) atau takut diperiksa oleh bagian Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR) hingga menggunakan cara-cara kotor seperti itu untuk menghancurkan sistem dan gerak langkah Tim perubahan ?

Selain itu, melalui insiden yang terjadi kepada Dosen musik gereja bernama Wulan Rara di halaman STAKPN Sentani, pihak adat yakni kepala suku Soleman Manuri ikut campur tangan dalam menegur dosen yang bukan haknya. Insiden berikut mengenai Ketua Tim Perubahan minta SK ketua pada selasa 22 Januari 2013, juga adat dalam hal ini kepala suku Soleman Manuri ikut dilibatkan oleh Marcus Labobar. Melihat kondisi ini Tim Perubahan minta perhatian serius kepada Menteri Agama dan Dirjen Bimas Kristen untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam menuju pergantian Ketua Baru STAKPN Sentani. Bahwa kondisi STAKPN SENTANI SAAT INI DALAM KONDISI KONFLIK. Tim Perubahan juga minta dengan sangat kepada Marcus Labobar untuk tidak melibatkan pihak ketiga. Tim Perubahan juga minta kepada pihak adat dalam hal ini Kepala Suku Soleman Manuri untuk tidak terlalu ikut campur masalah kepemimpinan STAKPN Sentani, karena ini masalah intern. Sebab STAKPN Sentani memiliki MoU sendiri dengan pihak adat khususnya pemiliki Tanah Adat lokasi STAKPN Sentani. Mohon supaya batasan-batasan ini diperhatikan, sehingga dapat meminimalisir konflik baru dan menghindari gesekan-gesekan yang tidak semestinya antara civitas akademika STAKPN Sentani dan pihak lain.

6 Tanggapan to “TIM PERUBAHAN MINTA PIMPINAN STAKPN SENTANI JANGAN LIBATKAN PIHAK KETIGA”

  1. daripada smua jd FITNAH belaka, lebh baik lapor sj k Komisi Pemberantasan Korupsi
    (KPK)/Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI), Kpolisian atau Irjen br dpriksa supaya trbukti klu smua yg anda tulis benar adanya.
    KALAU BERANI.

    • Tim Perubahan sudah mendengar bahwa TP dibilang “Tim Pemfitnah”. Tak apalah itu, yang jelas ingat kalimat ini baik2 bahwa “KEBENARAN TIDAK BISA DITUTUP-TUTUPI OLEH APAPUN” WALAUPUN IA AKAN MUNCUL TERLAMBAT”. saat ini ada banyak Pihak yang berkewajiban tanpa dibayar untuk mengungkap kasus-kasus KKN. hal itu akan cepat diungkap apabila ada yang melapor. Pikirkan dan renungkan, bahwa saat ini 32 (bahkan terus bertambah masalah-masalah lain) DOSA ML yang dilakukan selama tahun 2001-2013 itu sudah sampai di Investigasi dari Koran TIPIKOR, Hakim TIPIKOR, KPK, Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI), LEM-RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dirjen dan Sekjen Bimas Kristen, Menteri Agama bahkan hingga ke Presiden. selanjutnya kita menunggu…waktulah yang akan menjawab semua itu. Harapan Tim Perubahan sebenarnya adalah memperjuangkan kepentingan dan kesejahtera semua dosen dan pegawai, di dalam kebersamaan. Pimpinan (Ketua) harus menjadi berkat bagi bawahan, begitu juga bawahan jadi berkat buat mahasiswa, sehingga lulusan2nya menjadi berkat juga buat stakeholders di Papua, Indonesia dan di seluruh dunia. Dengan demikian STAKPN akan menjadi lembaga sekolah tinggi yang hadir untuk membangun SDM masyarakat Papua secara khusus. selanjutnya hubungan dan kerjasama dengan gereja-gereja, pemeritah dan adat dibangun…dan seterusnya.

    • Sy sdh tw siapa org yg mengatasnamakan nama sy dan dia adalah org kepercayaan marcus labobar yaitu semtimang,ST yg sk jual2 program dikmps dgn hrga tnggi dan ktnya klu tdk sprti ini tdk bs hdp. Tp hidup dgn pekerjaan ktr atau kkn.

  2. memang tim pdt. m.labobar yang berbuat, itu kata zem timang.
    zemtimang menusuk pdt. m. labobar dari belakang, scr terencana, halus, dan pelan2 tp ML tdk tau

  3. SY DUKUNG TIM PERUBAHAN….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: