LAGI-LAGI PERANG DINGIN MENJELANG PROSES SELEKSI CALON KETUA STAKPN SENTANI 2013-2017

Oleh Tim Perubahan
Sentani, Jumat 15 Februari 2013 – Jam 14:30 wit

SENTANI – Sehari sebelumnya Panitia Pelaksana Pemilihan Calon Ketua STAKPN Sentani memanggil ke-empat kandidat calon Ketua (Yosep Kambu, M.Si; Jhom Marweri, S.Th, MA, M.Pd.K; DR. Fredrik Warwer, M.Th dan DR. Erhi Koyari, M.Th), diundang oleh panitia pelaksana untuk menghadiri rapat dengan agenda “menyelesaikan beberapa persyaratan calon ketua yang harus dilengkapi. Pertemuan ini dilangsungkan di ruang sidang lantai.2 Rektorat STAKPN Sentani. Hasil rapat tersebut antara lain: (1) hari senin 17 Februari 2013, kelengkapan berkas terakhir akan diserahkan ke panitia pelaksana; (2) penyampaian visi dan misi akan dilaksanakan tanggal 22 Februari 2013 (3) hal lainnya akan disesuaikan kondisi. Dalam pertemuan ini juga panitia pelaksana membagi ceklis berkas pendaftaran, tertanggan 12/02/2013 dan jadwal perubahan kegiatan pelaksanaan pemilihan calon ketua STAKPN Sentani periode 2013-2017, tertanggal 1/02/2013.

Seusai Rapat Untuk Lengkapi Berkas

Seusai Rapat Untuk Lengkapi Berkas


Setelah usai rapat itu, kami minta panitia dan ke-empat kandidat foto bersama. Sebab proses pemilihan ini merupakan sejarah baru di STAKPN Sentani. Untuk itu, sejarah itu harus diabadikan. Sebab, selama 13 tahun masa kepemimpinan lama, proses pemilihan ketua tidak transparan dan tertutup atau tidak terbuka untuk umum. Proses demokrasi diharapkan dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, kita semua bertanggung jawab menjaga dan mengawal proses demokrasi di kampus STAKPN Sentani berjalan dengan baik dan aman.
Menjelang sore hari, saya mendapat SMS dari salah satu dosen Jurusan Teologi STAKPN Sentani yang isinya “(1) info hari yang sampe kepada kami tadi siang Yosep Kambu, M.Si tidak memenuhi syarat, DR. Fredrik warwer, M.Th yang disiapkan untuk jadi ketua STAKPN Sentani dari 3 calon asal STAKPN Sentani (tahu info itu dari siapa kepada siapa) – info ini dari semua pegawai. Hari ini ramai dibicarakan masalah tersebut. Tadi saya dengar sambil lalu. Saya cek ke pak Eli katanya info tersebut benar sesuai dengan statuta; (2) ade ini jujur, banyak pegawai dan dosen kurang suka Yosep, termasuk kk mu ini, karena kurang bijaksana dalam kepemimpinan, pilih muka selama di Kajur, tapi itu sama saja dengan lain tramasalah. Ade ko benar, yang kk tahu begitu, tapi heran FW bisa dimunculkan, karena info dari bapa Yulius Bobii, dan orang STAKPN lainnya di bandara baru kembali dari Jakarta. (ke Jakarta urusan umum 7 STAKPN se-Indonesia, bukan bicara masalah pemilihan ketua. Sebab mereka sudah telat dalam bekerja-serta melanggar banyak aturan dalam statute, dll). Saya setuju ade pu data-data karena kitong urus sertifikasi saya tahu betul FW punya ijasah S3 bermasalah. Saya dengar dari Ibu Bertin Banga begitu. Katanya FW loncatan golongan karena S3; (3) ya..Alhamdulilah sajalah, karena masih seputaran kita pu orang STAKPN Sentani daripada orang dari provinsi lain; (4) apakah ini politik adu domba lagi kah?; (5) bisa begitu? Kalau FW banyak yang terima, lingkungan masyarakat adat, tapi kalau YK mereka tetap bilang JW duduk di STAKPN Sentani. Jadi ade juga tolong pikirkan hal tersebut, jangan sampai mereka bikin susah ade; (6) Amin… itu doa kk selalu, Tuhan memakai orang yang baik untuk memilih Ketua STAKPN Sentani.
Harapan Kami Akan seorang Pemimpin Seperti Yesus

Harapan Kami Akan seorang Pemimpin Seperti Yesus


Hari berikutnya ketua Tim Perubahan STAKPN Sentani mendapat SMS dari nomor ini +6281247623380 yang isinya adalah (1) “selamat dan sukses kepada bpk DR. PREDI WARWER calon Ketua STAKPN Sentani periode 2013 – 2017 yang telah disetujui oleh Dirjen tertanggal 1 Maret 2013. Mari kita dukung bersama-sama. Selamat hari valentine”. (2) Tunggu saja dalam waktu dekat, yang bikin kacau siapa, kita main sesuai prosedur, sopan dan terhormat. – kami balas sms itu: ini dengan siapa? Jati dirimu penting untuk kebenaran info. Kalau hanya buang-buang issue saja untuk apa. Kalau orang lain, anda bisa obral. Karena saya tahu apa yang saya katakan. Jangan jadi pengecut. Main itu terang-terangan. Caramu menunjukkan batasanmu. Sementara info dari anda begitu orang katakan, tapi yang saya tahu baru sebatas informasi, karena data fisik Yosep Kambu, M.Si yang unggul. Sebab, kalau bicara STATUTA, hanya Yosep yang mendekati memenuhi syarat, apalagi pangkat fungsional dan golongan IIId-nya akan keluar dalam waktu dekat jadi Lektor IIId. Syarat normal calon Ketua yaitu pendidikan S3, minimal lector IIIc. Sedangkan DR.FW ijasah negaranya belum jelas, dan masih Asisten ahli IIIa. Apalagi EK baru pulang studi S3, harus mengabdi dulu 1 tahun, tidak punya DP3 2011-2012, sedangkan posisinya sedang tugas belajar dan JM tidak punya jabatan fungsional. Secara administrasi otomatis gugur. Kalau panitia pelaksana seleksi dengan ketat. Lain hal, kalau ada kepentingan dan politik juga bermain di dalam proses ini. Saya tahu dari mempelajari STATUTA, bertemu dengan Sekjen, Dir PAK di Jakarta. Kalau panitia pelaksana kerja lambat, pengganti sementara Ketua STAKPN Sentani tanggal 1 Maret 2013, atas nama Yosep Kambu, M.Si. Karena proses sudah jalan, copian hasil di Jakarta itu ada sama saya. Kami bisa main juga supaya orang Jakarta yang pegang Jabatan Ketua STAKPN Sentani, kalau Panitia dan Senat STAKPN tidak profesional, transparan dan terpaksa langkah itu kami (Tim Perubahan) akan tempuh. Ketua dan Sekertaris Panitia juga sudah memberi sinyal itu pada pertemuan kemarin (14/02/2013). Jangan katakan apa yang anda dengar, tapi katakan apa yang anda tahu. Saya senang anda mau share info itu ke saya. Namun dari gaya bahasa, sms ini saya sudah tahu oknum siapa yang mengirimnya.
Jalani hidup dengan sepenuh hati

Jalani hidup dengan sepenuh hati


Dinamika dari uraian diatas menunjukkan bahwa sengaja “perang dingin” diciptakan. Ada prediksi, untuk memecah belah Tim Perubahan, sebab DR. FW adalah sekertaris Tim Perubahan. Selain itu, Tim Perubahan sedang berjuang mempertahankan posisi FW sebagai Direktur Pascasarjana Teologi. Kami memahami betul, setiap dosen, baik di Jurusan Teologi, PAK dan Musik gereja punya hak yang sama untuk mencalonkan diri dengan mendaftarkan diri untuk bursa Ketua STAKPN Sentani Periode 2013-2017. Itu berarti apapun issue yang sengaja dihembuskan, tidak berpengaruh kepada Tim Perubahan. Memang cara itu sengaja untuk mengacaukan situasi, tetapi tidak akan berhasil. Kekuatan kuasa doa lebih dasyat dalam menghalau tipu muslihat. Kekuatan doa memberi hikmat kepada orang-orang tertentu untuk dapat mengendalikan situasi ini.

Bahasa apapun lagi yang mau dilontarkan dan dipermainkan di publik oleh mereka yang tidak bertanggungjawab, silahkan saja. Sebab, cara menawarkannya hanyalah bertanya meminta penjelasan dan bukti fisik kepada panitia pelaksana pemilihan calon Ketua dan Senat dengan berpedoman kepada BUKU SAKTI yakni STATUTA STAKPN Sentani. Untuk diketahui, bahwa rencana adu domba atau apapun akan sulit dilakukan. Sebab, sebelum rencana-rencana itu dilakukan, kami sudah terima bocoran. Tuhan selalu menolong Tim Perubahan. Rekayasa Marcus Labobar juga sudah kami ketahui. Jadi, tolong panitia pelaksana dan senat STAKPN Sentani jujur dalam melaksanakan tugas. Berusaha rangkul semua, kalau tidak bisa, kualitas kerja dari panitia dan senat akan terbukti dalam tahapan ini. Sebab, setelah ketua Definitif, akan ada perombakan pimpinan sesuai dengan aturan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: