SUDAHKAH ANDA DIPENUHI ROH KUDUS

Pengkhotbah Pdt. Tres Tambuun

Penulis Pilipus Kopeuw

GPdI Marantha Hawai Sentani Minggu 12 Mei 2013

 

Batu kubur tidak sanggup menahan Yesus. Setelah Yesus bangkit, 40 hari lamanya IA mengyelesaikan pelayanannya sebelum IA nik ke sorga. 1 Korintus 3:16 gereja bukan saja gedung, tetapi gereja adalah setiap pribadi yang ada Roh Kudus, itulah gereja. GPdI kalau tidak ada Roh Kudus tidak ada artinya. GPdI dibawah pertama kali oleh Misionris dari Ametrika datang ke Indonesia. Pertama kali mendarat di SIngaraja Bali, namun ditolak. Kemudian ke Cepu di Jawa Timur. Roh Kudu bukan pribadi yang bisu, tapi IA bisa mendengar dan berbicara. Saat ini ada banyak GPdI, karena ada orang-orang yang memberi diri untuk dipenuhi Roh Kudus dan dipakai-NYA, sebagai buah-buah dari kerja Roh Kudus, terbukti hari ini gereja ini ada, ini luar biasa.

Beritakanlah Injil kepada seluruh bangsa, Suku dan bahasa. Pelayanan jangan dibuat-buat. Jemaat harus membuka diri kepada kerja Roh Kudus, supaya ada urapan Allah mengalir dan bekerja di dalam kehidupan dan pelayanan.  Berdoalah minta kepada Allah “baharuilah kekuatan dan urapanMu di dalam diriku”. Pertahankanlah apa yang ada pada kita, yang sudah diberikan oleh Allah. Kristen tanpa pertobatan tidak ada keselamatan.

Kisah Para Rasul 1:6-9, murid-muridNya takut, daripada atau jangan-jangan mereka juga akan dianiaya, lebih baik mereka bersembunyi. Kita dipanggil Tuhan untuk diselamatkan menjadi murid-muridNya, bukan berdiri jauh dari Tuhan, tetapi harus dekat dengan Tuhan. Jangan dalam keadaan diberkati Allah saja baru kita dekat dengan Tuhan. Tetapi mari rapatkan barisan, dukung pelayanan di gereja kita. Sebab, siapakah yang harus mendukung pelayanan gembala siding kalau bukan seluruh jemaatnya? Jemaat harus bertumbuh digereja ini, berakar dan berbuah disini. Jangan pindah-pindah gereja kesana ataupun kemari. Kalau ada yang berpindah-pindah gereja dengarkan ini bahawa dia tidak akan bertumbuh, berakar dan berbuah, akhirnya dia akan layu dan mati.

Misalnya, ada tanaman baru ditanam, yang tanam itu istrinya, saat menanam suaminya tidak ada. Waktu suaminya pulang kantor dan melihat ada tanaman ditanam depan rumah. Suaminya komplen kepada istrinya, jangan tanam disitu tidak tepat, sebab kita mau bangun garasi. Pindahkan saja ke bagian belakang dekat dapur.  Akhirnya tanaman itu dipindahkan. Beberapa waktu kemudian, istrinya komplen, untuk dapur lama mereka dirombak agar permanen, alasannya selalu ada banyak tamu datang dapur lama kita kurang enak dipandangan mata. Terpaksa tanaman itu dicabut dan pindahkan lagi karena tempat itu harus dibangun dapur. Tanaman yang belum berakar baik itu terus menerus dipindahkan akhirnya layu dan mati. Cerita ini adalah pesan buat anggota gereja setempat, jangan berpindah-pindah gereja, tapi bertumbuhlan disini, berakar dan berbuah melalui gereja ini.

Dalam kepintaran kita, kita harus mengandalkan Roh Kudus. Karena Roh Kudus akan menyempurnakan dan membuat kita berhasil. Kalau kita rendah hati dan penuh dengan Roh Kudus Allah pasti akan promosikan kita. Andalkan Roh Kudus, Dialah guru besar yang akan menyertai dan menolong kita. Sebab ketika Yesus naik ke surge, ia berpesan dan berjanji Dia akan mengirim Roh penolong bagi umat Tuhan yaitu Roh Kudus, kalau Roh kudus turun ke atas, kita akan menerima kuasa, dengan kuasa itu kita akan berani menjadi saksi Kristus dan pelayan kristus.

Ada seorang guru sekolah minggu buta huruf. Dengan doa dan puasa sepuluh hari menjelang pencurahan Roh Kudus, ia juga ikut dalam doa dan puasa tersebut. Ketika Roh Kudus turun ke atasnya, tadinya ia tidak bisa membaca Alkitab, Koran, majalah dan buku-buku lainnya, dia bisa baca tanpa melalui kursus maupun sekolah. Oleh kuasa Tuhan melalui pencurahan Roh Kudus, ia diberi kemampuan untuk bisa membaca.  Sebagai guru sekolah minggu, ini menjadi kesaksian dan dia terpanggil lebih lagi dalam mendidik anak-anak sekolah untuk menjadi anak-anak yang takut akan Tuhan dan menadi anak-anak berguna bagi banyak orang.

Anda mungkin merasa rendah diri, minder, merasa tidak bisa menyanyi seperti mereka yang lain, ini saatnya untuk anda bangkit. Tuhan hanya cari sikap hati yang tulus, yang mau melayani Tuhan. Karena kalau ada Roh Kudus dalam hidup Anda, berarti ada kehidupan, ada urapan dan kuasa Allah. Ada masalah atau ada pencobaan segudang sekalipun, tapi kalau ada Roh Kudus, akan terasa enteng dalam menjalani hidup. Kalau jemaat minta kuasa Allah kepada Roh Kudus, Allah akan turunkan keatas jemaat sekalian. Tuhan orang yang rendah hati, Tuhan akan angkat setinggi kemuliaanNYA.

Menjadi pintar bicara bukan karena fasih bicara, tapi banyak orang bisa berdiri dibelakang mimbar, tapi harus disertai dengan karakter yang dibentuk oleh Roh Kudus. Banyak orang Kristen mistik yang tahu Yesus sebagai juruselamat manusia, tetapi mereka tidak percaya dan tidak mempercayakan hidup kepadaNya. Ada roh-roh territorial yang menguasai tiap-tiap suku, itu sebabnya Yesus sedang datang untuk melepaskan setiap bangsa, suku dan bahasa dari ikatan roh territorial, Yesus mau kita semua bebas. (nyanyikan pujian : Sekarang saya sudah bebas). Kalau kita sudah dibebaskan, janganlah kita egois,keluar dan lihatlah sekeliling kita diluar sana, masih banyak orang yang butuh untuk diselamatkan,. Apakah anda terpanggil untuk menyempaikan berita kelepasan?

Bukan pula orang Kristen yang memanggil Tuhan-Tuhan akan selamat, tetapi mereka yang disertai pertobatan saja yang akan selamat. Karakter kita harus dibentuk oleh Roh Kudus. Matius 28:19-20, berapa persen (%) panggilan Anda untuk melayani Allah.

Rapatkan barisan, maju melangkah bersama buat sejarah dalam melayani Allah dengan menjadi saksiNya mulailah dari tengah Keluarga dulu, teman-teman sejawat dan lingkungan dimana kita berada. Dalam Doa dan Kedekatan Anda dengan Tuhan, dengarkanlah Roh Kudus akan berbicara menguasai Anda dengan mengambil alih seluruh kehidupanmu. Tuhan bisa taruh Anda dimana saja. Anda boleh mengejar karir, tetapi harus ada kesimbangan untuk tetap pebuh dengan Roh Kudus. Saat ini mari koreksi diri (intropeksi), apakah di dalam hidup kita masih ada Roh Kudus? Ketika kita masih saja bergaul dengan hal-hal diluar kehendak Allah, Roh Kudus sedih karena kita hidup dalam dosa.

Harus ada keterbukaan diantara kita. Apalagi kalau tidak saling jujur bisa terjadi perang diantara sesame. Roh Kudus adalah kudus dan kudus. Dia mau datang kepada setiap orang yang telah membuka hati dan mau menerima Dia. Rok Kudus menunggu kita, Dia mau menyempurnakan kita, Dia mau Anda sempurna. Bagaimana mau jadi sama dengan Allah? Kalau tidak ada Roh Kudus dalam kehidupan kita! (Roma 8:29).  Ada Roh Kudus berarti harus menghasilkan buah-buah yang menunjukkan menjadi gambar yang serupa dengan Allah. Untuk menilai itu, lihatlah bagaimana karakter kita, apakah sudah serupa dengan gambar Allah?

Sabar dan lemah lembut (2 Korintus 3:18) Kalau Anda biarkan hidupmu dipenuhi oleh Roh Kudus jangan hanya 10 hari saja kemudian dipenuhi oleh rokok kudus. Ijinkan Roh Kudus memperbaharui hidup kita. Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka segala sesuatu akan ditambahkan kepadamu (Matius 3:33). Dan mintalah maka kamu akan diberi (Matus 7:7). Apa yang anda butuh ataupun minta saat ini? Percaya sajalah kepada Allah, pakailah hidupmu untuk memuliakan Allah. Beri dirimu terlebih dahulu untuk diubahkan oleh Roh Kudus.

Perjalanan hidup kita di dalam Tuhan bagaikan “Metamorfosis” keadaan hidup dari yang tidak baik berangsur-angsur menjadi baik. Ibarat daru ulat, berubah jadi kepongpong dan kemudian menjadi kupu-kupu yang indah dan menarik.  Proses ini tidak butuh campur tangan manusia, karena tdak akan jadi kupu-kupu. Biarlah rencan Tuhan saja yang jadi. Supaya yang tidak  baik menjadi baik; yang tidak indah menjadi indah; yang tidak harmonis menjadi harmonis; yang reusak diperbaiki; yang salah dapat pengampunan; yang buruk menjadi baik; yang gagal mengalami keberhasilan; jalan yang tertutup dibukakan oleh Tuhan…. Dan sebagainya…Roh Kudus mampu melakukan dalam hidup kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: