NUH ADALAH ANAK PENGHIBURAN

Oleh Pilipus Kopeuw

Juwangen Kalasan Yogyakarta, Senin 9 September 2013 – Jam, 08:09 wib

Kejadian 5: 28-32. Bunyinya 5:28 Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki, 5:29 dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya: “Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.” 5:30 Dan Lamekh masih hidup lima ratus sembilan puluh lima tahun, etelah ia memperanakkan Nuh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 5:31 Jadi Lamekh mencapai umur tujuh ratus tujuh puluh tujuh tahun, lalu ia mati. 5:32 Setelah Nuh berumur lima ratus tahun, ia memperanakkan Sem, Ham dan Yafet. Bandingkan dengan Kejadian 3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: dalam kitab kejadian 5, membahas tentang silsilah Adam (Kain, Habel, Set)- Set (Enos)-Enos (Kenan)-Kenan (Mahalaleel)-Mahalaleel (Yaret)-Yaret (Henockh), Henockh (Metusalah)-Metusalah (Lamekh)-Lamekh (Nuh)-Nuh (Sem, Ham, Yafet).

 

Tabel Keturunan Adam dan Hawa Kejadian 5

No

Nama

Punya anak pada Usia

Nama anak

Tahun lahir

Lama hidup

Tahun mati

1

Adam

130 Thn

Kain, Habel, Set

Tahun 130

930 Thn

Tahun 930

2

Set

105 Thn

Enos

Tahun 234

807 Thn

Tahun 937

3

Enos

90 Thn

Kenan

Tahun 554

815 Thn

Tahun 1054

4

Kenan

70 Thn

Mahalaleel

Tahun 624

840 Thn

 

5

Mahalaleel

65 Thn

Yaret

Tahun 698

895 Thn

 

6

Yaret

62 Thn

Henockh

Tahun 760

800 Thn

 

7

Henoch

65 Thn

Metusalah

Tahun 825

360 Thn

Naik ke Surga

8

Metusalah

187 Thn

Lamekh

Tahun 1012

969 Thn

 

9

Lamekh

182 Thn

Nuh

Tahun 1194

770 Thn

 

10

Nuh

500 Thn

Sem, Ham Yafet

Tahun 1694

 

 

 Nuh adalah keturunan Adam yang ke sembilan. Jadi, tahun kutuk telah terjadi sepanjang 1194 tahun dari Adam sampai Lamekh. Hanya pada Lamekh-lah dikeluarkan bahasa bahwa anaknya sengaja diberi nama “Nuh” karena “Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.” Kelahiran Nuh membawa pemulihan dan kekuatan. Pemulihan dan kekuatan dalam hal apa? Allah telah mengutuk tanah, dan manusia pertama hingga keturunan ke delapan telah bersusah payah mengola hasil tanah. Namun dengan kelahiran Nuh, dikatakan sebagai anak penghiburam dalam pekerjaan.

Kelahiran anak-anak tidak lagi menjadi penambah beban kutuk, tetapi menjadi penghiburan. Inilah sebuah terobosan baru yang dilakukan Lamekh dalam pikiran, perkataan bahkan tindakannya dalam hidup dan keluarganya serta imannya kepada Allah. Pernghiburan dalam hal apa? Alkitab jelas mengatakan, bahwa dengan lahirnya Nuh, merupakan penghiburan dalam pekerjaan yang dulunya telah didengan sejak secara turun temurun dari Set hingga Ayahnya Henock yakni Metusalah. Namun pada masanya Lamekh, ia mengadakan perubahan paradigma, perubahan konsep, perubahan keyakinan. Bahwa anak-anak yang lahir adalah berkat Allah dan juga sebagai penghiburan dan sukacita dalam bekerja mengelola usaha dan melakukan pekerjaan dengan Totalitas dan Loyalitas.

Bagaimana dengan kita, apakah masih menganggap pekerjaan dalam hidup ini berat dan bagian dari kutuk? Apakah anak-anak hanya menambah bebas kesulitan? Apakah anak-anak hanya menambah stress dan masalah lainnya? Lamekh telah membuat perubahan dan tidak mau hidup dalam stigma yang diajarkan oleh nenek moyangnya. Ia ingin membawa perubahan, ia ingin mengubah sudut pandangnya? Bagaimana dengan kita? (Phiko).

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: