ASAL USUL KATA IFAR BESAR DI SENTANI

Oleh Pilipus M. Kopeuw, S.Th, M.Pd

Mercure Hotel Ancol, Kamis 21 Mei 2015 – Jam 07:07 wib

Kata Ifar Besar, khusus bagi orang yang belum tahu, Ifar Besar adalah salah satu kampung yang berada di wilayah Sentani Tengah. Kampung Ifar Besar sering disebut juga dengan nama Kampung Kabhetlouw. Jadi, kalau Anda mencari Kampung Kabhetlouw jangan bingung, sebab Kampung Kbahetlouw, nama atau sebutan lainnya juga adalah kampung “Ifar besar”, demikian sebaliknya bahwa Kampung Ifar Besar juga adalah Kampung Kabhetlouw.

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah dari mana asal usul kata “Ifar Besar” ini? Sebab kata “ifar” tidak ada dalam kamus bahasa Indonesia. Sampai hari ini banyak orang hanya menyebut kata Ifar Besar, Ifar Kecil dan Ifar Gunung tanpa mengetahui asal-usul kata tersebut. Oleh karena ini dalam buku keeping-keping kisah Sentani yang tercecer jilid – 3 ini mencoba mencari tahu tahu. Berikut penjelasan yang diperoleh mengenai asal-usul kata “Ifar Besar”.

Pertama, menurut masyarakat Dondai (Yonokhom), mereka menyebut kampung “Kabhetlouw” dengan “Yo ipar”. Artinya juga belum jelas.

Kedua, dari guru-guru Ambon yang saat itu bertugas sebagai guru Injil di Phulende (Khabhetlouw) seperti “Kakasinah” mereka memiliki postur tubuh yang tinggi besar, saat itu masyarakat memanggil mereka dengan “ipar yang besar” akhirnya panggilan itu berubah menjadi menunjukkan lokasi dimana guru-guru Inji ini tinggal. Misalnya kalau masyarakat berpapasan di jalan lalu ada yang bertanya: mau kemena? Kalau tujuannya mau ke Kabhetlouw, maka mereka menjawab kami mau ke kampung Ipar Besar.

Ketiga, menurut salah satu bule (orang barat) memberi penjelasan kepada bapak Arnold Yoku, bahwa kata Ifar Besar berasal dari bahasa Inggris yakni a far artinya sangat jauh.

Keempat, kata Ifar Besar adalah dari bahasa Inggris yakni “Big Fair” yang dibalik, Indonesianya artinya api besar. Asal-usul nama ifar Besar ini masih menjadi misteri. Ondoafi Ifar Besar dan Jajaran Koselo serta Dewan Adatnya pernah berencana untuk mengganti nama Ifar Besar dan Kabhetlouw, tetap ada juga yang tidak menyetujui, sebab dibalik sebuah nama tersimpan kisah. Inilah yang digali lagi, supaya kisah dibalik nama ini muncul sebagai suatu pengetahuan (ww Arnold Yoku, Nov 2014).Phulende

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: