CARA MUDAH MEMPEROLEH JUDUL PENELITIAN SKRIPSI UNTUK MAHASISWA STAKPN, STT DAN UNIVERSITAS KRISTEN

CARA MUDAH MEMPEROLEH JUDUL PENELITIAN SKRIPSI
UNTUK MAHASISWA STAKPN, STT DAN UNIVERSITAS KRISTEN
*) Pilipus Kopeuw, S,Th, M.Pd

Kompleks Menado Sosial Sentani Jayapura Papua_Selasa 13 Juli 2010_Jam 23:22 wp

1. MASALAH KESULITAN DALAM MEMPEROLEH JUDUL PENELITIAN

Setiap mahasiswa tingkat Strata satu (S1), Strata dua (S2) dan Strata tiga (S3) wajib melewati apa yang dibuat proposal penelitian. Biasanya dalam memasuki tahapan ini mahasiswa mengalami kesulitan dalam mencari dan menentukan judul. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang saya lakukan, saya mengalisa bahwa ada beberapa masalah yang menyulitkan mahasiswa memperoleh judul-judul penelitian yang aktual. Masalah pertama yang menyulitkan mahasiswa untuk menemukan sebuah judul penelitian adalah kurang kritisnya mahasiswa dalam melihat fenomena yang terjadi di masyarakat. Artinya, apa yang mau diangkat menjadi suatu judul penelitian, sedangkan masalahnya saja tidak tahu. Demikian halnya dengan dosen. Dosen juga harus kritis terhadap fenomena-fenomena yang ada. Dengan demikian dapat membantu mengarahkan mahasiswa untuk mengkritisi suatu masalah Masalah kedua adalah tidak ada atau kurangnya konsep dan teori untuk mengangkat suatu masalah untuk diteliti. Kurangnya konsep dan teori merupakan indikasi bahwa mahasiswa kekurangan ilmu pengetahuan. Tanpa konsep dan teori seorang mahasiswa sulit sekali menemukan suatu permasalahan untuk dikaji ulang atau cek and ricek melalui suatu penelitian ataupun memberikan solusi untuk mengatasi suatu masalah. Kekurangan konsep dan teori ini bukan saja dari sisi mahasiswa, tetapi juga dari sisi dosen. Jika dosen memiliki konsep dan teori jelas ada tanda-tanda perbaikan dan adanya masalah-masalah actual baru yang terus diteliti. Tetapi jika dosen sendiri kekurangan konsep dan teori, maka hal yang sama juga akan dialami oleh mahasiswanya. Masalah ketiga adalah kurikulum mata kuliah metodologi penelitian di kalangan Perguruan Tinggi Teologi Agama Kristen (PTTAK) yaitu di STAKPN, STT dan Universitas Kristen yang ada Fakultas Agamanya, tidak memungkin mahasiswa untuk melakukan penelitian yang lebih unggul. Isi materi matakuliah metodologi penelitian sangat-sangat terbatas. Akibatnya adalah mahasiswa dalam mencari judul dan menulis skripsi hanya berkisar pada judul-judul pasaran yang ada pada sebuah almamater tersebut. Kita tidak pungkiri, dan harus angkat topi terhadap kurikulum ini, karena sudah menolong menghasilkan banyak sarjana. Sekalipun demikian, tidak ada salahnya kalau kita mengkritisinya untuk memperbaiki dan menigkatkan kualitas metodologi penelitian di kalangan PTTAK. Masalah keempat adalah STAKPN, STT dan Universitas Kristen belum memiliki dosen metodologi penelitian yang berkompeten dibidang penelitian. Dosen metodologi penelitian yang berkompeten disini adalah dosen yang benar-benar memahami agama kristen dan teologi kristen. Juga memahami bagaimana mengaplikasikan berbagai model dan metode penelitian dalam penelitian-penelitian pada berbagai program studi di STAKPN, STT dan Universitas Kristen. Jika ini terjadi, saya yakin, akan menghasilkan suatu peningkatan dibidang penelitian dan juga akan menghasilkan teori dan penemuan ilmu-ilmu baru.

2. CARA MUDAH MEMPEROLEH JUDUL PENELITIAN SKRIPSI

Sejak menjadi calon mahasiswa, biasanya diadakan kegiatan orientasi pra studi pengenalan kampus atau yang kita kenal dengan OPSPEK. Dalam kegiatan OPSPEK, calon mahasiswa di perkenalkan banyak hal yang berkaitan dengan kampus dan perkuliahan. Di dalamnya juga dijelaskan tentang perlunya mahasiswa mencari judul penelitian untuk menulis proposal penelitian dan skripsinya. Kadang ada mahasiswa yang ingat tentang hal ini, ada juga yang lupa. Kemudian, ketika mengambil mata kuliah seminar PAK dan Metodologi Penelitian, para mahasiswa kebingungan untuk menentukan judul penelitiannya. Melihat keadaan itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa hal yang dapat menolong mahasiswa agar cepat menemukan judul penelitian untuk menyusun proposal dan menyelesaikan skripsinya.
Pertama, sebaiknya sejak awal seorang mahasiswa harus menyadari bahwa ia akan menulis skripsi diakhir kuliahnya guna memperoleh gelar sarjana. Dengan demikian, ada kesadaran pribadi dan usaha yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bertanya kepada dosen, mahasiswa tingkat akhir dan juga dengan mengunjungi dan membaca skripsi-skripsi di perpustakaan
Kedua, dalam mengikuti setiap mata kuliah, mahasiswa jangan hanya menjadi pendengar, tetapi harus bisa langsung membandingkan materi perkuliahan tersebut dengan kondisi riil. Isi materi perkuliahan merupakan konsep dan teori yang diberikan kepada mahasiswa. Pada tahap ini tugas mahasiswa adalah melakukan analisa terhadap kondisi di lapangan. Hal bisa menjadi wacana diskusi dengan dosen pengampu. Ketika diskusi ini menarik, dan memungkin dia angkat sebagai suatu judul penelitian, maka lebih baik mahasiswa menuliskan ide atau pemikiran itu pada kertas. Kata orang bijak “kertas buram lebih berharga dari daya ingat”. Tujuannya adalah supaya apa yang didiskusikan itu dapat ditindaklanjuti untuk menulis sebuah proposal penelitian.
Ketiga, perlu diingat bahwa setiap mata kuliah kaya dengan konsep dan teori. Artinya, bahwa setiap mata kuliah sangat-sangat berpotensi untuk memberikan judul penelitian kepada mahasiswa. Tugas mahasiswa adalah mengikuti dan mempelajari konsep dan teori dari setiap mata kuliah dengan baik. Penelitian di STAKPN, STT dan Universitas Kristen tidak harus berbicara judul-judul penelitian pasaran seperti peranan PAK dalam keluarga, penting PAK Remaja terhadap pertumbuhan iman, Exegesis Alkitab, dan lain sebagainya. Sekali lagi saya mau katakan bahwa mata kuliah yang ada dalam setiap program studi sangat-sangat berpontesi untuk memuncul ide-ide sebagai cikal-bakan sebuah judul penelitian.
Keempat, mahasiswa harus berani menuangkan ide-ide judul diatas kertas dengan latar belakang masalah atau problematikanya. Latar belakang masalah menunjukkan asumsi mahasiswa terhadap sebuah judul yang di angkat. Dengan demikian, ketika mahasiswa akan konsultasi sebuah judul penelitian, mereka dapat bertukar-pikiran dengan dosen. Catatan ide-ide judul ini akan sangat menolong mahasiswa ketika ada perbaikan judul dan latar belakang masalah. Jika mahasiswa melakukan ini, saya yakin mereka akan cepat mendapatkan judul penelitian untuk skripsinya dan juga memugkinkan untuk lebih cepat dalam menyelesaikan studinya.
Kelima, setiap tingkat semester memiliki dosen penasehat akademik (PA). Dosen PA ini bukan saja hanya mengurus KRS, konseling, Ibadah rutin, tetapi juga membantu kesulitan-kesulitan lainnya yang dihadapi oleh mahasiswa. Oleh karena itu, saya anjurkan kepada setiap mahasiswa konsultasikan juga rencana judul penelitian kepada dosen PA Anda.
Keenam, jika dalam suatu mata kuliah Anda menemukan sebuah masalah atau fenomena yang dapat diangkat sebagai sebuah judul penelitian, maka harap ditulis dengan baik dan di konsultasikan dengan dosen pengampu mata kuliah tersebut. Mintalah pendapatnya tentang rencana judul penelitian Anda tersebut. Dengan demikian, Anda akan memperoleh jawabannya, apakah meneruskannya dengan perbaikan atau lebih baik mencari judul lain.
Ketujuh, jangan putus asa dalam mencari judul penelitian. Tetap semangat. Sebab pada tahapan ini, tingkat stress menghinggapi para mahasiswa yang sedang menulis proposal maupun skripsi. Tetap optimis, dan berpikir positif. Rahasia point ketujuh ini adalah bahwa sudah banyak orang yang menjadi sarjana. Penyataannya yang harus kita buat yaitu “kalau orang lain bisa, entah dia itu kelihatan pintar sekali atau pintarnya sedang-sedang saja ataupun yang tidak begitu pintar saja bisa jadi sarjana. Itu berarti Anda juga sangat bisa”. Oleh karena itu, tetap berusaha dan fokus. Orang lain bisa, maka Anda pun pasti sangat bisa. Salam sukses.

8 Tanggapan to “CARA MUDAH MEMPEROLEH JUDUL PENELITIAN SKRIPSI UNTUK MAHASISWA STAKPN, STT DAN UNIVERSITAS KRISTEN”

  1. Boleh dikasih tau lagi yang lebih mantap bahasannya…

    • saya telah membuka wawasan berpikit para mahasiswa, bahwa sebenarnya dalam setiap mata kuliah mengandung banyak potensi judul untuk skripsi maupun tesis. mungkin persoalan anda adalah kurang memahami apa yang saya uraikan. tapi tidak mengapa karena pertanyaan anda kurang jelas bagi saya, tetapi saya bersedia share dengan ada jika ada pertanyaan yg lebih spesifik dan jelas. terimas kasih.

  2. Sya mahasiwi STT, 1 semester lg sy mau skripsi, tapi masi bingung mau judul apa…. Tolong masukanx donk

  3. mas saya mahasiswa jurusan TI dan lagi merancang proposal penelitian ..
    mohon masukan untuk judul yang menurut anda bcocok digunakan ..

  4. Syalom. Pak pdt Pilipus. .terma kasih buat postinganx yg memotivasi sy n mbuat sy tdk takt menghadapi skripzi thun ini. . Namun Yusuf mhn idex bpa pdt trkait dgn matakulia yg sya sukai adlh matakulia Pastoral dan sosiolg greja. .dri matakulia ini kira2 masalah apa yg sy angkat bapa?makasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: