Posisi Teori Dalam Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Kualitatif

Jelaskan posisi teori dalam penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif! Apakah kritik mereka yang dalam posisi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif  antara mereka? Apakah posisi teori dalam penelitian itu fixed dan emerging dapat dipertemukan? Jelaskan jawaban anda!

 

Jawabannya:

a.       Posisi teori dalam kuantitatif adalah menjadi faktor yang sangat penting dalam proses penelitian itu sendiri, teori digunakan untuk menuntun peneliti menemukan masalah, menemukan hipotesis, menemukan konsep-konsep, menemukan metodologi dan menemukan alat analisis data. Selain itu, teori juga digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel.

 

b.       Posisi teori dalam kualitatif adalah mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai alat (means) dan sebagai tujuan (ends). Fungsi pertama, teori sebagai alat pada umumnya digunakan peneliti untuk mencapai tujuan penelitian melalui usaha penelitian dalam melengkapi dan menyediakan keterangan terhadap suatu fenomena khusus, sehingga memungkinkan si peneliti mengetahui sesuatu secara maksimal. Fungsi kedua, teori sebagai tujuan karena merupakan teori yang menghasilkan petunjuk dan kisi-kisi kerja yang harus diperhatikan oleh para peneliti. Teori itu bahkan dikembangkan berdasarkan data yang dikumpulkan. Fungsi lain dari teori dalam penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan dan meramalkan perilaku, menemukan teori lainnya, digunakan untuk aplikasi praktis, memberikan perspektif bagi usaha penjaringan data, membimbing dan menyajikan gaya penelitian.

 

c.       Kritik mereka dalam penelitian kuantitatif bahwa penelitian kualitatif telah digunakan untuk mengisolasi sebab akibat….mengoperasikan hubungan secara teoritis dan …mengukur…menghitung fenomena…menggeneralisasi penemuan. Peneliti kuantitatif meneliti dunia secara abstrak dan jarang mempelajarinya secara langsung. Mereka mencari nomotetik dan sains etik yang berdasarkan pada kemungkinan yang disimpulkan dari pembelajaran dari beberapa kasus yang diambil secara acak. Para penenliti kuantitatif jarang dapat menangkap sudut pandang objek penelitian karena jarak yang tercipta antara peneliti dan obyek.

d.       Kritik mereka dalam penelitian kualitatif bahwa materi empiris yang dihasilkan dari metode interpretasi adalah tidak dapat dipercaya, tidak mengesankan dan tidak obyektif.

 

 

————————–

By Pilipus Kopeuw, Mahasiswa S3- PEP UNY. Salah satu pertanyaan dalam ujian pengembangan Teori dan Paradigma Penelitian S3-PEP UNY

 

2 Tanggapan to “Posisi Teori Dalam Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Kualitatif”

  1. hihihi, boleh tanya referensi dari jawaban di atas? buku and pengarangnya?
    akan sangat membantu sekali, terimakasih

    • Maaf baru bisa balas. soal buku dan pengarangnnya saya tidak pernah tahu. tetapi konsep ini adalah hasil dari sebuah tinjauan saya terhadap perbedaan dan kegunaan teori dalam kedua metode, yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. mudah-mudahan tulisan ini dapat memberi sedikit kontribusi kepada Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: